Panduan Penanganan Insiden Malware
Malware, atau Malicious Software, merupakan suatu definisi yang diberikan untuk setiap program atau file atau kode yang dapat membahayakan suatu sistem. Malware berusaha menyerang, merusak, atau menonaktifkan komputer, sistem komputer, jaringan, tablet, dan perangkat seluler, sering kali dengan mengambil sebagian kendali atas operasi perangkat.
Panduan Penanganan Insiden Serangan DDoS
Denial of Service (DoS) merupakan tipe serangan pada jaringan yang bertujuan agar suatu layanan tidak dapat digunakan atau bekerja secara normal. Pada serangan DoS biasanya Attacker akan mengirimkan trafik data / permintaan kepada target dengan jumlah yang besar yang bertujuan membebani sistem /kapasitas dari suatu server atau perangkat.
Panduan Penanganan Insiden Ransomware
Ransomware merupakan jenis malicious software tertentu yang menuntut tebusan finansial dari seorang korban dengan melakukan penahanan pada aset atau data yang bersifat pribadi. Kegiatan penyebaran ransomware dilakukan oleh penyerang atau Threat Actor dengan tujuan utama adalah finansial, oleh karenanya Threat Actor menjadikan data pribadi sebagai ancamannya.
Panduan Menangani Serangan Defacement
Penanganan yang terencana dan terorganisir sangatlah diperlukan dalam hal terjadinya insiden web defacement, supaya hal tersebut dapat dilakukan, maka diperlukan adanya suatu prosedur yang standar untuk melakukan penanganan terhadap insiden tersebut. Secara umum tujuan prosedur standar ini adalah untuk memberikan arahan secara best practices dalam penanganan insiden web defacement,
Panduan Penanganan Insiden Serangan Phishing
Serangan phising adalah serangan yang dilakukan untuk menipu /memancing korban agar mau mengklik tautan serta menginput informasi kredential seperti username dan password. Cara kerja phising umumnya dilakukan melalui penggunaan email palsu mengatasnamakan admin, atau melalui situs web palsu yang sangat mirip dengan situs web yang asli.